Rabu, 20 September 2017

Kuliner Kegemaran Arek Suroboyo Yang Wajib Anda Ketahui

Sebagai kota tertua di Indonesia, Surabaya memang istimewa dengan beragam wisata yang bisa dinikmati siapa saja. Wisata kuliner di Surabaya menjadi salah satu daya tarik yang pasti nggak bisa kamu tolak. Sama seperti kotanya yang menyimpan banyak gedung-gedung tua penjaga sejarah. Wisata kuliner legendaris di Surabaya nggak jauh berbeda dengan gedung-gedung tua yang punya segudang kejutan.

Di kota yang terus bersolek ini kamu bisa menemukan banyak sekali wisata kuliner legendaris. Datang ke Surabaya artinya kamu harus melupakan diet dan mencicipi 12 makanan legendaris berikut ini.

Rujak Cingur Ahmad Jais

Rujak Cingur Ahmad Jais

Image: Instagram / @_azil

Surabaya dikenal dengan makanan unik yang terbuat dari hidung sapi yang bernama rujak cingur. Kamu bisa menikmati rujak cingur ini di hampir setiap rumah makan di Surabaya. Salah satu yang paling terkenal adalah Rujak Cingur Ahmad Jais yang dekat dengan Jalan Tunjungan. Di sini kamu bisa menikmati rasa otentik rujak cingur yang penuh dengan petis. Seporsi rujak cingur di sini dihargai Rp 50 ribu, cukup mahal tapi kamu harus mencoba makanan unik yang satu ini.

Lontong Balap Pak Hasyim

Lontong Balap Pak Hasyim

Image: http://ift.tt/299YqZV

Sama seperti rujak cingur, lontong balap juga menggunakan bumbu yang terbuat dari petis. Bedanya lontong balap ini berkuah gurih dengan tambahan lento. Nah, yang bikin makanan ini nggak ada tandingannya adalah karena lentonya. Lento adalah sejenis makanan kecil yang terbuat dari kacang-kacangan. Kamu bisa mencicipi lontong balap di warung Pak Hasyim yang sudah terkenal dari puluhan tahun lalu.

Warung Sedap Malam “Rawon Kalkulator”

Warung Sedap Malam “Rawon Kalkulator”

Image: Instagram / @milasubrata

Makanan khas Jawa Timur yang terkenal adalah rawon yang berkuah hitam manis. Di Surabaya sendiri banyak warung rawon yang terkenal. Kalau kamu kebetulan lagi jalan-jalan di daerah Taman Bungkul kamu bisa langsung mampir ke Warung Sedap Malam “Rawon Kalkulator” yang legendaris. Rasa rawon di sini gurih banget dan dagingnya juga empuk. Selain rasanya yang enak, rawon kalkulator ini jadi legend karena ketika kamu mau bayar sang kasir begitu cepat menghitung bagai kalkulator.

Sate Klopo Ondomehen Bu Asih

Sate Klopo Ondomehen Bu Asih

Image: KabarKuliner.com

Nah, warung sate yang legendaris dan masih punya banyak penggemar sampai sekarang adalah Sate Klopo Ondomehen Bu Asih. Kalau dilihat dari namanya sate ini memang unik dan beda dengan sate-sate biasanya. Di warung Bu Asih ini kamu akan menemukan sate yang dibakar bersama sate kelapa dan disajikan dengan bumbu kacang plus potongan cabai dan bawang sebagai tambahan. Di sini kamu bisa memilih sate daging sapi, ayam, atau udang citarsa sate di sini lebih terasa gurih dan legit karena dibakar bersama kelapa.

Es Krim Zangrandi

Es Krim Zangrandi

Image: http://ift.tt/1Kx7HGO

Kedai Es Krim Zangrandi ini termasuk kedai yang tertua di Indonesia. Mungkin umurnya nggak berbeda jauh dengan Es Krim Ragusa yang ada di Jakarta. Sampai saat ini kedai es krim yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso masih mempertahankan keasliannya. Bahkan sampai teknik pembuatannya nggak berubah jauh. Tenang semua bahan baku yang digunakan juga alami dan tidak menggunakan bahan pengawet loh.

Depot Ai Doho

Depot Ai Doho

Image: Instagram / @amazingindonesiafood

Depot atau warung makan sederhana ini juga legendaris untuk orang-orang Surabaya. Depot Ai Doho ini nggak begitu jauh dari Jl. Dr Soetomo dan Taman Bungkul. Makanan rumahan yang disajikan di sini akan langsung mengingatkanmu pada masa kecil. Pilihan lauk di sini sangat sederhana jadi nggak perlu bingung harus pilih makan apa. Rekomendasinya kamu bisa mencicipi ham telur, kornet telur, atau ayam bumbu rujak. Walaupun sederhana Depot Ai Doho bisa jadi comfort food kamu yang baru.

Sego Sambel Mak Yeye

Sego Sambel Mak Yeye

Image: Instagram / @hobimakanenak

Buat yang tahan sama pedas wajib datang ke warung Sego Sambel Mak Yeye. Kamu bisa puas banget menikmati sambal yang pedasnya bikin keringatan bahagia. Sego sambel ini lauknya sama kaya warung pecel aya lainnya cuma ya bikin beda sambalnya yang pedas banget. Sego Sambel Mak Yeye ini bisa ditemukan di Wonokromo dan jualannya cuma bisa malam hari ya jadi kalau mau ke sini mending jam 10 malam aja sekalian.

Nasi Cumi Waspada

nasi cumi waspada

Image: http://www.inijie.com/

Perut lapar tengah malam? Tenang Surabaya nggak pernah tidur dan wisata kuliner malamnya juga enak-enak banget. Warung Nasi Cumi Waspada yang berlokasi dekat dengan Pasar Atom bisa memadamkan rasa laparmu di malam hari. Nasi Cumi Waspada ini mirip dengan nasi rames jadi kamu bisa memilih lauk pauknya. Kamu harus banget memiliki cumi masak tinta yang jadi menu paling laris dan terkenal di sini.

Nasi Krawu Mbuk Su

Nasi Krawu Mbuk Su

Image: weyap.com

Walaupun berasal dari Kota Gresik, nasi krawu juga terkenal banget di Surabaya. Kamu bisa nih merasakan nasi krawu yang otentik di Nasi Krawu Mbuk Su yang ada di daerah Gubeng. Nasi krawu disajikan di atas pincuk jadi rasanya makin enak deh. Sedangkan lauknya berisi suwiran daging, dua macam serundeng kelapa, dan sambalnya. Walaupun sederhana nasi krawu ini punya rasa unik karena serundengnya yang punya rasa gurih sekaligus manis.

Kepiting Cak Gundul

kepiting cak gundul

Image: http://ift.tt/2hijb6S

Surabaya juga terkenal banget sama seafood terutama ikan dan kepiting. Restoran kepiting yang cukup terkenal di Surabaya adalah Kepiting Cak Gundul yang sudah mulai berjualan sejak tahun 1992. Kepiting di sini punya berbagai ukuran jadi kamu bisa bebas memilih sesuai dengan selera. Sausnya pun bisa kamu pilih mulai dari yang standar seperti asam manis sampai yang khas seperti saus kare.

Lontong Kupang Artomoro

lontong kupang artomoro

Image: weyap.com

Kupang sejenis kerang berukuran kecil ini hanya bisa ditemukan di Surabaya. Jadi kamu wajib banget untuk makan lontong kupang ketika ke Surabaya. Kupang ini punya tekstur yang unik dan sedikit seperti pasir tapi rasanya enak. Kamu bisa mencicipi makanan unik ini di Lontong Kupang Artomoro yang sudah terkenal lihai mengolah kupang.

Bebek Goreng Sinjay

Bebek Goreng Sinjay

Image: Instagram / @wenakcuk

Pasti kamu pernah dengar warung bebek goreng di Madura yang ngantrinya panjang banget. Nah, betul namanya adalah Bebek Goreng Sinjay. Sekarang kamu bisa menikmati gurihnya bebek goreng ini di Surabaya. Bebek Goreng Sinjay ini buka cabang di daerah Tambak Rejo.

Sumber : shopback



from Halo Dunia Network http://ift.tt/2hiWaEn
via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar